Renungan Katolik

Renungan Harian Katolik

Wisata Bromo – Destinasi yang Ramah Keluarga

 

Siapa yang tidak mengenal kawasan wisata Gunung Bromo? Wisata ini memang cukup populer tidak hanya bagi wisatawan lokal saja namun hingga wisatawan mancanegara lainnya.

Sayangnya beberapa wisatawan hanya mengenal wisata gunung Bromo saja, padahal masih banyak destinasi wisata lainnya yang berada di kawasan Bromo yang patut untuk dikunjungi.

Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut beberapa destinasi wisata Bromo yang paling favorit sehingga selalu menjadi bagian dari paket Tour Bromo yang wajib dikunjungi saat berlibur kesana.

bromo view

Penanjakan 1

Penanjakan 1 merupakan tempat atau puncak tertinggi yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo. Lokasi ini memang sering digunakan wisatawan untuk melihat pesona matahari terbit (view point sunrise).

Letaknya berada di sebelah barat pegunungan Tengger. Untuk dapat mencapai tempat ini, maka wisatawan diwajibkan untuk menggunakan kendaraan berjenis jeep atau hartop karena akses menuju lokasi ini memang memiliki medan yang cukup berat dengan tikungan yang tajam dan curam.

Namun jika anda tidak ingin menyewa jeep atau hartop, maka anda bisa mencoba alternative lainnya dengan menggunakan motor.

Namun sebaiknya jangan menggunakan kendaraan matic agar tidak membahayakan. Jika anda ingin mencoba melihat pemandangan sunrise di penanjakan 1, maka setidaknya anda harus berangkat lebih awal sekitar jam 3 dini hari dan usahakan untuk tidak terlambat karena lokasi ini adalah view point terbaik yang ada di Wisata Bromo.

Penanjakan 2

bromo cloudTidak hanya gunung penanjakan 1 saja, ada alternative spot lainnya untuk melihat pemandangan sunrise lainnya di gunung penanjakan 2.

Jika anda ingin pergi ke wisata gunung Bromo melalui jalur Probolinggo, anda bisa memilih untuk mengunjungi penanjakan 2 atau yang lebih dikenal dengan nama view point Seruni untuk melihat pemandangan matahari terbit.

Meskipun lokasinya lebih rendah dibandingkan dengan penanjakan 1 sehingga tidak selalu menjadi bagian dari paket wisata Bromo, namun pemandangan dari tempat ini tidak kalah menarik.

Untuk mencapai tempat ini, anda tidak perlu menyewa jeep, cukup dengan kendaraan roa 2 ataupun roda 4 yang bisa saja anda juga bisa mencapai tempat ini.

Selain itu pada bulan-bulan tertentu, seperti Bulan September hingga bulan Mei. Pemandangan di gunung penanjakan 2 sangat indah, hal ini karena lokasi terbitnya matahari berada tepat dari arah timur wisawatan.

Namun jika memasuki musim kemarau, terbitnya matahari terjadi lebih lambat sehingga akan lebih untuk mengunjungi spot penanjakan 1 saat-saat ini.

Kawah Gunung Bromo

bromo stairsTempat lainnya yang perlu anda kunjungi ketika berada di kawasan Wisata Bromo adalah Kawah Gunung Bromo.

Kawah gunung bromo menjadi destinasi wisata lainnya yang populer dikunjungi ketika berada di Gunung Bromo. Kawah ini memiliki garis diameter sekitar 800 m dengan bentuknya yang sangat unik.

Jika anda ingin mengunjungi kawah gunung bromo, anda bisa mencoba menaiki kuda ataupun berjalan kaki kemudian menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai  250 anak tangga.

Pemandangan yang ada di puncak kawah bromo memang sangat indah dengan latar belakang gunung batok dan pengunungan tengger yang mana membentuk garis-garis terjal yang sangat indah dan mempesona.

Bukit Teletubies

Tidak lengkap rasanya ketika tidak mengunjungi bukit teletubies. Tempat ini berada di sebelah selatan dari Gunung Bromo dan sejalur dengan padang rumput Savana.

Bukit teletubies sendiri merupakan kawasan gunung-gunung kecil yang tersusun indah dan ditumbuhi dengan rerumputan yang khas seperti pegunungan yang ada di dalam film teletubies.

Sehingga tidak heran jika masyarakat sekitarnya menyebutnya tempat ini sebagai Bukit Teletubies.

teletubbies

Pasir Berbisik

Lokasi ini berada di satu kawasan dengan lautan pasir bromo, selain dari kawah gunung bromo, padang savanna, dan gunung penanjakan.

Kawasan ini dinamakan pasir berbisik dikarenakan lautan pasir di tempat ini memiliki suara yang mirip seperti desisan angin yang khas ketika terdapat terpaan angin sehingga masyarakat sekitar dan wisatawan menamakannya sebagai pasir berbisik.

Pasir berbisik ini tidak dimiliki oleh gunung-gunung api lainnya yang ada di Indonesia, terkecuali Gunung Bromo. Sehingga tak heran jika banyak wisawatan yang berkunjung ke lokasi wisata ini.

Di tempat ini, anda tak hanya melihat hamparan lautan pasir namun juga pemandangan gunung bromo dan lereng-lereng kalendra yang merupakan pembatas hutan gunung bromo dengan lautan padang pasir.

B29 Argosari

bromo midnightSebenarnya bukit B29 merupakan spot camping yang ada di kawasan wisata bromo yang cukup favorit dikunjungi.

Mungkin bagi sebagian besar wisatawan belum mengetahui tentang puncak B29, padahal tempat ini adalah puncak yang paling tinggi yang ada di wisata gunung bromo bahkan lebih tinggi dibandingkan penanjakan 1.

Sehingga bisa anda bayangkan bagaimana sejuk dan dinginnya suhu udara yang ada di tempat ini. tak hanya itu saja pemandangannya yang indah dengan hamparan tumbuhan yang khas dataran tinggi makin membuat pemandangan di tempat ini begitu undah dan sayang jika dilewatkan.

Lokasi dari B29 ini berada di Desa Arosari, Kec. Senduro, sekitar 40 km dari pusat kota Lumajang.

Untuk mencapai wisata ini, maka akses termudah yang bisa anda tempuh adalah via Sendura Lumajang (jalur selatan).

Namun jika ana ingin menggunakan sewa hartop, maka akan melewati pegunungan timur dari kecamatan Sukapura. Jika anda hobi bermotor, maka wisata ini sangat cocok untuk menantang adrenalin karena medan nya yang cukup menantang khas dari wilayah pegunungan.

Ranu Pani

Ranu pani atau yang dikenal dengan nama Ranu Pane ini merupakan desa wisata sekaligus menjadi pintu masuk untuk para pendaki yang ingin menjelajah Gunung Semeru.

Di desa tersebut terdapat danau seluas 1 hektar yang diberi nama Ranu Pani, sesuai dengan nama desa tersebut.

Danau ini memiliki pesona keindahan dengan udara yang sejuk sehingga banyak wisatawan yang datang dan berlama-lama menikmati pemandangan disana. Bahkan tak banyak pula wisatawan yang yang berkemah di kawasan Ranu Pani meskipun bukan ingin mendaki gunung semeru.

Ranu Regolo

Paket-Wisata-Gunung-Bromo-Ranu-Kumbolo-TourTidak jauh dari desan Ranau Pani, terdapat danau lainnya yang sering disebut warga sekitar dengan nama danau Ranu Regolo.

Danau ini memang tidak sepopuler danau Ranu Pani, namun patut untuk anda kunjungi. Banyak pula wisatawan yang mencoba berkemah di sekitaran danau dan menikmati pesona danau ini.

Tak hanya pemandangannya yang indah, namun hawa sejuk khas pegunungan begitu memanjakan wisatawan.

Di danau Ranu Regulo sendiri terdapat struktur seperti dermaga yang dibangun dengan bahan dasar beton. Anda bisa menikmati dan duduk-duduk santai dan menikmati keindahan danau.

Nah itu tadi beberapa destinasi wisata di Bromo yang patut anda kunjungi ketika berlibur di kawasan wisata tersebut. Untuk penginapan juga tidak perlu kuatir karena ada banyak hotel di Bromo yang siap melayani anda, mulai dari Bromo Permai hingga Lava View sudah setara dengan standard hotel bintang di kota besars..

Untuk mengunjungi wisata gunung bromo sendiri, anda bisa memilih jalur dari 4 jalur yang disediakan yaitu jalur dari malang, jalur dari kabupaten Lumajang, jalur dari Probolinggo, dan jalur dari Pasuruan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.