Renungan Katolik

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian 21 May 2012

Renungan

Dua belas orang di Efesus merendahkan dirinya dengan mengakui kepada Paulus bahwa mereka tidak pernah mendengar akan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 19:2). Kemudian mereka memberikan hidup mereka kepada Yesus, dibaptis dalam nama-Nya, menerima Roh, dan “mulai berbicara dalam bahasa roh da nbernubuat (Kis 19:5-6). Roh Kudus bekerja melalui orang-orang ini mengakibatkan semua penduduk provinsi Asia dapat mendengarkan dan mengetahui akan firman Allah hanya dalam waktu dua tahun (Kisah Para Rasul 19:10),

  • “luar biasa keajaiban,” penyembuhan, dan pelepasan (Kis 19:11-12),
  • takut akan Allah ada pada semua orang, dan banyak orang Kristen bertobat dariketerlibatan mereka dalam dari hal-hal gaib (Kis 19:17-19),
  • Firman Tuhan terus “menyebar dengan penuh pengaruh dan kuasa” (Kis 19:20),
  • penyembahan berhala dan ekonomi dari kota Efesus menjadi terpengaruh (Kis19:25-27), dan
  • “gangguan serius” pecah pada “pandangan mengenai cara baru,” yaitu, berkaitan dengan agama Kristen (Kis 19:23).

Sungguh menakjubkan apa yang Roh Kudus dapat lakukan melalui beberapa orang untuk mengubah individu dan masyarakat!

Bayangkan apa yang Roh Kudus dapat lakukan melalui Anda untuk “menaungi dunia” (Yoh 16:33), hanya jika Anda akan membiarkan hal itu terjadi melalui Anda sesuai dengan firman Tuhan! (Luk 1:38)

Mari datanglah Roh Kudus!

Bacaan

Kisah Para Rasul 19:1-8
19:1 Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.
19:2 Katanya kepada mereka: “Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?” Akan tetapi mereka menjawab dia: “Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.”
19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.”
19:4 Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.”
19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.
19:7 Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.
19:8 Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah.
Mazmur 1
1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
1:4 Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.
1:5 Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;
1:6 sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.
Yohanes 16:29-33
16:29 Kata murid-murid-Nya: “Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan.
16:30 Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.”
16:31 Jawab Yesus kepada mereka: “Percayakah kamu sekarang?
16:32 Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku.
16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Tags: , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *