Renungan Katolik

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian 17 May 2012

Renungan:

“Sekarang” dalam bacaan hari ini memiliki arti “dalam waktu singkat” (Yoh 16:16). Ungkapan “waktu singkat” digunakan empat kali dalam kutipan Injil. Melalui pengulangan ini, Tuhan pasti ingin menekankan bahwa ada sesuatu yang akan terjadi. Selain itu, Dia jelas ingin kita sudah siap ketika itu semua terjadi.Secara liturgis, kita mulai berdoa novena Pentakosta besok. Selama novena ini, kami mempersiapkan diri untuk menerima pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta. Seperti orang tua yang bergegas untuk mempersiapkan anak-anak untuk naik bis sekolah, Tuhan, melalui Gereja-Nya, secara praktis berteriak kepada kita bahwa sudah waktunya untuk berhenti lamban. Kita harus bersiap-siap untuk berdoa sekarang atau kita akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pencurahan Roh Kudus, yang Tuhan telah lama mempersiapkan kita.”Waktunya sudah singkat” (1 Kor 7:29). Lakukan apa saja untuk bersiap-siap menyambut datangnya Roh Kudus. Matikan atau buanglah TV. Berhenti membaca surat kabar dan baca Alkitab sebagai gantinya. Pergi ke Pengakuan selama doa novena. Hadiri Misa sesering mungkin, bahkan setiap hari selama sembilan hari. Ketika Roh itu datang, semoga Dia mendapati Anda siap dan menanti dengan tangan terbuka. “Dalam waktu singkat,” “terimalah Roh Kudus” (Yoh 16:16; 20:22).

Bacaan

Kisah Para Rasul 18:1-8
18:1 Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus.
18:2 Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma. Paulus singgah ke rumah mereka.
18:3 Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah.
18:4 Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.
18:5 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberi kesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias.
18:6 Tetapi ketika orang-orang itu memusuhi dia dan menghujat, ia mengebaskan debu dari pakaiannya dan berkata kepada mereka: “Biarlah darahmu tertumpah ke atas kepalamu sendiri; aku bersih, tidak bersalah. Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain.”
18:7 Maka keluarlah ia dari situ, lalu datang ke rumah seorang bernama Titius Yustus, yang beribadah kepada Allah, dan yang rumahnya berdampingan dengan rumah ibadat.
18:8 Tetapi Krispus, kepala rumah ibadat itu, menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis.
Mazmur 1
1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
1:4 Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.
1:5 Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;
1:6 sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.
Yohanes 16:16-20
16:16 “Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku.”
16:17 Mendengar itu beberapa dari murid-Nya berkata seorang kepada yang lain: “Apakah artinya Ia berkata kepada kita: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku? Dan: Aku pergi kepada Bapa?”
16:18 Maka kata mereka: “Apakah artinya Ia berkata: Tinggal sesaat saja? Kita tidak tahu apa maksud-Nya.”
16:19 Yesus tahu, bahwa mereka hendak menanyakan sesuatu kepada-Nya, lalu Ia berkata kepada mereka: “Adakah kamu membicarakan seorang dengan yang lain apa yang Kukatakan tadi, yaitu: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku?
16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita.

Tags:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>