Renungan Katolik

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian 8 Jun 2012

Bacaan

2 Timotius 3:10-17
3:10 Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku.
3:11 Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra. Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya.
3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,
3:13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.
3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.
Mazmur 119:157,160,161,165,166,168
119:157 Pengejar dan lawanku banyak, tetapi aku tidak menyimpang dari peringatan-peringatan-Mu.
119:160 Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.
119:161 Pembesar-pembesar mengejar aku tanpa alasan, tetapi hanya terhadap firman-Mu hatiku gemetar.
119:165 Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka.
119:166 Aku menantikan keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN, dan aku melakukan perintah-perintah-Mu.
119:168 Aku berpegang pada titah-titah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu, sebab seluruh hidupku terbuka di hadapan-Mu.
Markus 12:35-37
12:35 Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: “Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud?
12:36 Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
12:37 Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?” Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

Renungan

Presentation Ministries (sumber renungan ini) menerbitkan “Satu Roti, Satu Tubuh” untuk tujuan membuka bacaan harian misa Ekaristi kepada sebanyak mungkin orang. Kami berdoa sungguh-sungguh bahwa setiap ajaran akan menyentuh hati Anda secara mendalam dan menghasilkan buah yang besar dalam hidup Anda, di Gereja, dan dalam kerajaan Allah.

Telah menjadi prinsip kami untuk menggunakan sejumlah referensi Alkitab dan kutipan pada berbagai material kami, karena “Kitab Suci diberikan oleh Allah dan digunakan untuk membimbing” (2 Tm 3:16). Kekuatan nyata dalam semua ajaran ini berasal dari bacaan-bacaan dalam Kitab Suci. Hal ini karena itu adalah Firman Allah, bukan kata-kata kita sendiri, dimana memiliki kekuatan untuk membuka hati. “Memang, firman Allah hidup dan efektif, lebih tajam dari pada pedang bermata dua. FirmanNya meresap dan memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum;. Ia sanggup membedakan pikiran dan refleksi dari hati” (Ibr 4:12).

Firman Tuhan adalah tetap (Mzm 119:160) dan tak pernah gagal (Yesaya 55:11). Ketika Firman-Nya dinyatakan, nyatalah yang terjadi. “Firman tidak akan kembali secara kosong kepada Allah, tapi akan melakukan kehendakNya, mencapai akhir seperti yang diinginkanNya” (Yesaya 55:11). Ketika Firman-Nya diproklamasikan dalam Misa, kekuatanNya menjadi lebih nyata. Misa adalah lingkungan penuh mukjizat. Dalam pengaturan demikian, Firman Allah memiliki andil yang lebih besar dalam mengubah hidup. “Itulah sebabnya kami bersyukur kepada Tuhan dan dengan terus-menerus menerima pesan-Nya, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi karena dalam kebenarannya, firman Allah bekerja di dalam kamu yang percaya” (1 Tesalonika 2:13) .


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *