Renungan Katolik

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian 8 April 2012

Bacaan

  Kisah Para Rasul 10:34
10:34Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.
  Mazmur 118:1-2,16
118:1Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
118:2Biarlah Israel berkata: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"
118:16tangan kanan TUHAN berkuasa meninggikan, tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan!"
  Kolose 3:1-4
3:1Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
3:4Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.
  Yohanes 20:1-9
20:1Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
20:2Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."
20:3Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
20:4Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
20:5Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
20:6Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,
20:7sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.
20:8Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.
20:9Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.
 

Renungan:

Dua murid, Petrus dan Yohanes terkejut mendapat berita dari Maria Magdalena bahwa jenasah Yesus telah diambil orang. Mereka tak percaya lalu lari ke makam Yesus. Memang makam kosong dan kain peluh telah tergulung. Rupanya mereka tak percaya dan belum mengerti bahwa Yesus bangkit dari antara orang mati.

Tidak mudah untuk mengerti dan percaya akan kebangkitan orang mati. Orang memerlukan bukti dan pengalaman yang dapat dirasakan dengan indera manusiawi. Meski sudah ada Kitab Suci yang menjelaskan peristiwa kebangkitan Kristus, akal budi manusia kerap masih menyangkalnya. Orang modern lebih mengandalkan hasil pemikirannya sendiri. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi andalan yang lebih dipercaya dalam hidup sehari-hari. Namun, benarkah pengetahuan manusia dapat menyelesaikan segala-galanya?

Di tengah kehidupan dunia modern sekarang ini manusia masih tetap terbentur pada misteri kematian. Tidak ada ilmu yang bisa menjawab pertanyaan tentang misteri kematian. Hanya dengan beriman akan kebangkitan Yesus Kristus misteri kematian terpecahkan. Ada hidup sesudah kematian, yaitu diikutsertakan dalam kebangkitan Kristus.

  

(Renungan Harian Mutiara Iman 2012, Yayasan Pustaka Nusatama Yogyakarta)

  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *